Bantu Kelancaran Arus Mudik 2024, Dinkes Kaltim Siapkan Sejumlah Posko Kesehatan

Bagikan :

Mahakata.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, menyiapkan sejumlah posko kesehatan guna memberikan layanan kesehatan bagi pemudik di Bumi Mulawarman.

dr Jaya Mualimin, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, memaparkan posko kesehatan akan ditempatkan di beberapa ruas jalan strategis jalur mudik di Kaltim.

“Posko-posko ini didirikan di jalur utama mudik dan tempat-tempat wisata saat Lebaran,” kata dr Jaya Mualimin.

Posko-posko ini akan dioperasikan oleh petugas kesehatan dari puskesmas dan dibantu para relawan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM), Palang Merah Indonesia (PMI), TNI, dan Polri.

Selain melayani kegawatdaruratan, posko-posko tersebut juga akan menyediakan layanan pemeriksaan dan konseling kesehatan.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan selama mudik dan liburan. Kemudian pola makan dan minum agar tidak terjadi gangguan kesehatan.

“Pastikan istirahat yang cukup, jangan memaksakan diri saat mengemudi, dan perhatikan kondisi kendaraan. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan, terutama setelah berpuasa,” tegasnya.

Posko-posko kesehatan yang didirikan Dinkes Kaltim difokuskan pada wilayah strategis, seperti jalan poros utama mudik rute Samarinda-Berau, Samarinda-Kutai Barat, serta rute menuju Kalimantan Selatan.

“Semua posko kesehatan sudah siap beroperasi delapan hari sebelum lebaran dan delapan hari setelahnya, bekerja sama dengan puskesmas yang berdekatan dengan jalur poros,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *