Akmal Malik Minta Perusahaan Tambang Salurkan Zakat Lewat Baznas Kaltim

Bagikan :

Mahakata.com – Data tahun 2023, Baznas Kaltim berhasil menghimpun zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) sebesar Rp14,4 miliar.

Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, mengapresiasi pengumpulan zakat oleh Baznas Kaltim.

“Jadi Kaltim ini adalah daerah yang kaya, kaya sumber alamnya. Tentunya tidak boleh ada warga yang tidak mendapatkan dampak kekayaan ini,” kata Akmal Malik.

Pembahasan optimalisasi pengumpulan zakat itu dilakukan Pj Gubernur Kaltim bersama jajaran Baznas Kaltim.

Pj Gubernur Akmal Malik menegaskan  dukungan kepada  Baznas Kaltim dalam upaya mengoptimalkan pengumpulan zakat melalui perusahaan tambang,  organisasi perangkat daerah (OPD) dan perusahaan daerah (perusda).

“Ini mencakup zakat perusahaan, zakat karyawan, zakat penghasilan (profesi) bulanan dan zakat harta,” jelasnya.

Sejalan dengan arahan Pj Gubernur Akmal Malik, Baznas Kaltim menyatakan kesiapan untuk terlibat sebagai mitra pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Ketua Baznas Kaltim H Ahmad Nabhan melaporkan bahwa pada tahun 2023, target penghimpunan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) Baznas Kaltim sebesar Rp16 miliar berhasil tercapai sebesar Rp14,4 miliar.

Untuk tahun 2024, Baznas Kaltim mendapat amanah untuk menghimpun sebesar Rp20 miliar.

“Tentunya dalam mencapai target tersebut, strategi dan dukungan penuh dari pemerintah provinsi sangat kami harapkan. Ini penting agar pengumpulan ZIS di Kaltim berjalan optimal,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *