2,83 Juta Surat Suara Logistik Pilpres 2024 Sudah Tiba di Kaltim

Bagikan :

Mahakata.com – Sebanyak 2,83 juta surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, telah tiba di Kaltim.

Selanjutnya, logistik Pilpres 2024 ini disimpan di gudang logistik KPU Balikpapan di kawasan Somber, dan dijaga ketat oleh pihak kepolisian.

Hal itu seperti yang disampaikan, Aliuk, Sekretaris KPU Kaltim.

“Kaltim telah menerima surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilres) 2024. Yang datang satu kontainer, untuk 10 kabupaten/kota,” kata Aliuk.

Untuk proses distribusi logistik Pilpres 2024 akan dibagi ke beberapa zona di Kaltim.

“Rincian satu kontainer ini dibagi ke 4 zona. Pertama zona Samarinda dan Mahulu 1 truk, zona PPU dan Paser 1 truk, zona Kukar Kubar 1 truk, zona Bontang, Kutim dan Berau 1 truk. Sedangkan Balikpapan sudah disini,” jelasnya.

Dalam proses pendistribusiannya ke masing-masing daerah akan dikawal ketat oleh kepolisian. Dan berkoordinasi dengan KPU serta Bawaslu setempat.

Dikatakan Aliuk, dalam satu kontainer tersebut terdapat 1.415 box dimana setiap box-nya berisi 2.000 surat suara. “Selain itu ada juga box dan surat suara cadangan. Ini untuk pengganti kalau ada yang rusak atau lainnya,” tegasnya.

Setelah distribusi dilakukan, selanjutnya KPU setempat akan melakukan sortir surat suara yang akan digunakan. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *