15 Investor Siap Groudbreaking Proyek di IKN Awal 2024 Mendatang

Bagikan :

Mahakata.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) melaporkan sedikitnya ada 15 investor yang siap groundbreaking proyek di IKN pada periode Januari-Februari 2024 mendatang.

Agung Wicaksono, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, mengatakan groundbreaking yang akan diselenggarakan pada tahun depan itu meliputi proyek dari investor swasta dan lembaga pemerintah serta green project.

“Tahun 2024 kita juga mengawali groundbreaking lagi, antara bulan Januari hingga Februari, ada 15 investor,” kata Agung.

“Sebagian diantaranya yang tadinya mau groundbreaking tapi dengan waktu terbatas mereka lakukan bulan Januari – Februari ini,” lanjutnya.

15 proyek investor yang akan groundbreaking awal 2024 di antaranya berasal dari swasta dan lembaga pemerintah, seperti pembangunan perkantoran/Bank BCA, hingga Perkantoran/Bank Mandiri.

Kemudian beberapa investor baru seperti Royal Golden Eagle (RGE) Group untuk membangun hotel bintang 5 dan convention center, PT Gema Gerhana Sarana (GGS) membangun Showroom Furniture, Sinar Primera membangun kawasan pergudangan, dan Ciputra untuk membangun hunian hijau, hotel, dan lapangan golf.

Selanjutnya beberapa proyek yang sebelumnya ditargetkan groundbreaking pada bulan Desember ini juga ada yang molor ke awal tahun depan mendatang. Misalnya pembangunan gedung kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), gedung kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), gedung kantor BPJS Kesehatan, Gedung Kantor PLN.

Sedangkan groundbreaking sektor swasta yang juga mundur ke awal tahun 2024 dari target groundbreaking bulan Desember ini, seperti pembangunan hotel dan resort oleh Jambuluwuk, pembangunan mixed uses oleh Indogrosir dan Grand Lucky Superstore.

Selain groundbreaking pembangunan kantor dan kawasan komersil, groundbreaking pada awal tahun depan juga akan dilakukan oleh Konsorsium Nusantara yang terdiri dari Agung Sedayu Group, Adaro, Sinarmas, Salim Group, Astra, Barito Pacific, PULAUINTAN, Mulia Group, Kawan Lama, Alfamart, untuk membangun Botanical Garden.

Selain itu juga dilakukan groundbreaking oleh yayasan Arsari Djojohadikusumo untuk melakukan launching pulau Suaka Orang Utan. Sehingga totalnya groundbreaking sepanjang Januari – Februari 2024 mendatang totalnya ada 15 proyek di IKN

“Investasi Groundbreaking Januari – Februari 2024 saya belum bisa sebut nilainya, tapi dari jumlah perusahaannya ada 15 yang ada di dalam pipeline sekarang ini,” tegas Agung. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *