Bagikan :
Print Friendly, PDF & Email

Mahakata.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara jelang Pemilu 2024.

Simulasi digelar di beberapa lokasi, di antaranya Tangerang Selatan, Bogor, Palembang, dan Kutai Kartanegara.

KPU Kukar mendapat amanah menggelar simulasi dalam menyambut pesta demokrasi.

Dari hasil simulasi ini nantinya akan dilakukan sejumlah evaluasi yang selanjutnya akan menjadi kebijakan umum dalam proses pemungutan suara.

Tujuan simulasi sendiri agar proses pemungutan dan penghitungan suara berlangsung efektif dan tidak menimbulkan korban jiwa seperti pada 2019 lalu.

Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI, Idham Holik saat meninjau simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Kukar.

“Hari ini kita menggelar simulasi dalam persiapan menyambut Pemilu 2024 secara nasional di Kukar,” kata Idham Holik, Sabtu (15/7/2023).

Sebagai informasi, pada 2019 lalu sekitar 400 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia akibat kelelahan usai menghitung suara.

Sebanyak 70 persen petugas KPPS meninggal karena sakit jantung dan 30 persen lainnya akibat stroke atau penyakit lain terkait kardiovaskular.

“Oleh karena itu, simulasi ini harus dilakukan agar proses penghitungan suara bisa berjalan lebih efisien,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: