Bagikan :
Print Friendly, PDF & Email

Mahakata.com – Sungai Kapih dan Sidodamai diresmikan sebagai Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) tahun 2023.

Ini adalah upaya Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di Kota Samarinda.

Acara ini dihadiri langsung Wakil Wali Kota Rusmadi Wongso, Kepala BNN Samarinda Kombes Pol Wiwin Firta dan Wakapolresta Samarinda AKBP Eko Budiarto. Berlangsung pada Rabu (5/7/2023) di Lapangan Volley, Rt 11, Sungai Kapih, Kota Samarinda.

Ditemui usai meresmikan 2 Kelurahan Bersinar di Kecamatan Sambutan, Wakil Wali Kota Rusmadi Wongso merasa bersyukur karena saat ini sudah ada 7 Kelurahan Bersinar di Kota Tepian.

Harapan pria kelahiran 1962 ini, kelurahan lainnya juga melaksanakan program dari BNN yakni sebagai Kelurahan Bersinar. Pasalnya, menuntaskan narkoba di Kota Samarinda memerlukan dukungan dari semua pihak.

“Kunci agar masyarakat serta orang-orang terdekat kita terhindar akan bahaya narkoba itu dimulai dari keluarga dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Menurut orang nomor dua di Kota Samarinda ini, semua pihak harus mempunyai semangat kebersamaan dan kekompakan yang membara untuk bersama-sama mengatakan ‘Say No To Drugs’. Oleh karenanya, orang tua harus tahu dan peka terhadap perubahan perilaku anak serta orang-orang terdekatnya.

“Tidak hanya orang tua ataupun keluarga. Lingkungan sekitar juga berperan penting terhadap pencegahan dan penyalahgunaan narkoba. Pak RT dan warga harus menjaga suasana hidup rukun,” jelasnya.

Ia mengingatkan agar jangan sampai antara warga justru tidak saling mengenal. Maka, ini menjadi PR bagi Ketua RT supaya warganya saling mengenal dan penduli satu sama lain. Sebab, narkoba itu sangat berbahaya. Bukan saja bagi keluarga, tetapi juga lingkungan di sekitar.

Ditegaskan mantan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim ini, pemerintah akan terus mendukung program-program pencegahan narkoba di Kota Samarinda. Salah satunya, dukungan yang dapat dinikmati melalui Pro Bebaya.

“Pro Bebaya bisa diarahkan ke program yang dapat menciptakan sebuah lingkungan yang aman, nyaman dan kompak dalam menolak segala kejahatan. Termasuk kejahatan narkoba,” tegasnya.

Apabila Pro Bebaya efektif digunakan untuk program-program kemasyarakatan yang bermanfaat, maka lingkungan warga akan terjaga dengan baik. Harapannya, seluruh warga di Kota Samarinda ini bersih dari narkoba.

“Mari hidup sehat, jaga kelurga kita dan hindari narkoba. Lingkungan yang berpotensi kearah negatif tolong diperhatikan. Terutama yang gelap-gelap itu, Pro Bebaya kan bisa dimanfaatkan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: