Akmal Malik Minta Ada Rest Area dan Toilet Umum di Jalur Akses ke Paser, Akses Kutim, Hingga Kubar

Bagikan :

Mahakata.com – Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, mendorong Pemkab Paser membuat rest area dan toilet umum di akses jalur menuju Kabupaten Paser.

Hal itu disampaikan Akmal Malik usai L beberapa kali melakukan kunjungan ke wilayah selatan, Kabupaten Paser.

Perjalanan ke Paser banyak ditempuh melalui jalur darat, Akmal Malik mengaku sedikit mengalami kesulitan ketika harus singgah mencari kamar kecil.

“Sulit menemukan tempat yang representatif untuk buang air kecil bagi para pengguna jalan,” kata Akmal Malik.

Padahal menurutnya, penyediaan rest area dan toilet umum merupakan tanggung jawab negara untuk membahagiakan rakyat, termasuk para pengguna jalan.

“Jangan kepala daerah bercerita sudah hebat, kalau rakyatnya masih kencing di bawah pohon. Itu masih zaman batu, zaman Flinstones,” jelasnya.

“Kadang kita harus berhenti bukan di waktu salat. Masjidnya terkunci. Pas ketemu yang terbuka, toiletnya yang terkunci,” lanjutnya.

Akmal tidak menyalahkan pengurus tempat ibadah, karena kondisi yang kadang ia alami itu. Karena menurutnya, hal itu semestinya menjadi tugas pemerintah untuk menyiapkan rest area yang representatif dan fasilitas publik yang baik termasuk toilet yang bersih dan layak.

“Saya minta Pak Pjs Bupati Paser tidak usah muluk-muluk programnya. Buat rest area, koordinasi dengan masyarakat. Nanti lahannya juga bisa dipakai untuk UMKM,” tegasnya.

“Semua kepala daerah memikirkan hal yang sama untuk jalur-jalur perjalanan lain seperti menuju Bontang, Kutai Timur dan Kutai Barat,” pungkasnya. (*)