Kunker ke Wilayah Selatan, Akmal Malik Lakukan Penenaman Bibit di Lahan Bekas Tambang di Paser

Bagikan :

Mahakata.com – Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim, bersama rombongan menggelar kunjungan kerja ke wilayah selatan Bumi Mulawarman.

Dalam kunker ini, Akmal Malik melakukan penanaman bibit pohon di lokasi lahan Pangan Untuk Penghijauan (PUP) Desa Batu Kajang, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser.

Di areal seluas 8,4 hektare itu, Pj Gubernur Akmal Malik menanam bibit pohon alpukat. Areal penanaman merupakan buffer zone di luar konsesi PT Kideco Jaya Agung (KJA).

Proses pemanfaatan lahan tidur ini sudah dimulai sejak 2017-2020. Jenis tanaman yang ditanam di kawasan ini antara lain sagu/sorgum, aren, durian, kelengkeng, alpukat dan sawo.

PT Kideco berkontribusi untuk membangun perkebunan buah produktif dan komersil. Selain itu juga mendorong penciptaan wisata berbasis masyarakat mandiri dan sekaligus menjadi penyokong kebutuhan komoditas IKN.

“Kita apresiasi atas komitmen PT Kideco untuk mendukung penanaman kembali untuk penghijauan di sekitar area tambang mereka,” kata Akmal Malik.

Selain itu, rombongan juga melakukan peninjauan Nursery Jawong Alas Taka di lokasi PT Kideco Jaya Agung.

Nursery ini memiliki empat green house dengan kapasitas produksi 1,2 juta bibit per tahun.

Dengan masa tanam 4-5 bulan bibit pohon yang dikembangkan antara lain jenis sengon, flamboyan, ketapang kencana, tabe buya dan lain-lain. (*)