Perkuat Pembinaan dan Pembibitan Atlet Daerah, Kejurprov Pencak Silat Diikuti 190 Pesilat Bumi Mulawarman

Bagikan :

Mahakata.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, memastikan pembinaan dan pembibitan atlet pencak silat terus dilakukan dari sejak dini.

Sejumlah kegiatan dilakukan Dispora Kaltim agar para pesilat mampu meningkatkan keterampilan dan prestasi berkat pembinaan yang berkesinambungan.

Dispora Kaltim telah menggelar Turnamen Terbuka Pencak Silat Piala Gubernur 2024, digelar di Polder Air Hitam, Samarinda, diikuti 595 pesilat.

“Ajang ini melibatkan pesilat dari berbagai daerah di Kaltim, baik dari kalangan pelajar maupun atlet senior dalam kejuaraan provinsi (kejurprov),” kata Rasman Rading, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim.

“Untuk pelajar, kami ingin mengembangkan talenta muda, sementara kejurprov menjadi seleksi untuk Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Wilayah IV di Kendari,” ungkapnya.

Terdapat dua kategori yang dipertandingkan di ajang kejuaraan ini, tingkat pelajar yang diikuti 405 atlet dari berbagai sekolah, dan kejurprov dengan 190 pesilat.

Kedua kejuaraan berperan penting dalam regenerasi pesilat di Kaltim, memastikan atlet-atlet muda siap bersaing di level nasional dan internasional.

Muslimin, Wakil Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kaltim, menekankan pentingnya sportivitas dalam setiap pertandingan.

“Kami berharap semua atlet yang bertanding menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, dan wasit yang bertugas berlaku adil,” ungkapnya. (*)