10 Tahun Masa Pemerintahan, Menhub Budi Karya Sumadi Laporkan Realisasi Pembangunan Infrastruktur Transportasi Udara

Bagikan :

Mahakata.com – Masa jabatan Presiden Joko Widodo pada periode keduanya akan berakhir pada 20 Oktober 2024.

10 tahun masa kerja pemerintah, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, melaporkan pembangunan infrastruktur transportasi udara yang telah mengalami kemajuan yang signifikan.

“Pembangunan infrastruktur transportasi udara di tanah air telah mengalami kemajuan yang signifikan. Hal itu penting untuk meningkatkan konektivitas, aksesibilitas, dan mobilitas masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang sebelumnya sulit dijangkau,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Selama periode kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia berhasil memperluas jaringan bandara dengan membangun 27 bandara baru di berbagai daerah, tidak terkecuali di daerah 3TP (terluar, terpencil, tertinggal dan perbatasan).

Selain pembangunan bandara baru, selama satu dekade ini, Kemenhub juga telah melakukan rehabilitasi dan pengembangan 64 bandara di berbagai daerah.

Beberapa langkah yang dilakukan yakni memperpanjang landasan pacu, memperluas gedung terminal, serta merehabilitasi sejumlah fasilitas lainnya.

Kemenhub juga memiliki program besar lain, berupa penyelenggaraan angkutan udara perintis untuk mendukung konektivitas dan mengurangs disparitas harga kebutuhan masyarakat di daerah 3TP.

Saat ini terdapat 41 rute jembatan udara dan 220 rute angkutan udara perintis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rehabilitasi dan pengembangan bandara penting dilakukan untuk meningkatkan standar pelayanan dan keselamatan penerbangan.

Penyediaan jembatan udara sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas di daerah 3 TP

“Selain itu, layanan ini juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau,” tegasnya. (*)