498 Kartu Kartu Keluarga di Bukit Pinang Terima Kartu Pembelian Gas Elpiji 3 Kilogram

Bagikan :

Mahakata.com – Pemkot Samarinda resmi meluncurkan Kartu Tepat Sasaran bagi pembelian gas elpiji 3 kg di Kelurahan Bukit Pinang, Samarinda.

Nurrahmi, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Samarinda, mengatakan ada 498 kartu keluarga yang menerima Kartu Tepat Sasaran.

Data yang digunakan dalam program tersebut bersumber dari Sistem Statistik Nasional (SSN), yang mencatat total 17.179 kartu keluarga di Samarinda.

Dari jumlah itu, sekitar 15.800 kartu keluarga tergolong masyarakat miskin.

“Dari data ini, 1.239 KK akan menerima gas elpiji 3 kg,” kata Nurrahmi.

“Kami akan memeriksa keabsahan KTP sebelum pembagian dilakukan. Pembagian gas akan dijadwalkan setiap minggu,” lanjutnya.

Jumlah tabung gas yang dapat dibeli oleh setiap keluarga juga bervariasi, mulai dari 2 hingga 5 tabung per kartu keluarga.

Pihaknya akan terus melakukan sosialisasi mengenai penggunaan kartu tersebut dan akan dilakukan oleh kecamatan dan kelurahan.

“Kami ingin memastikan bahwa pembagian kartu sesuai peruntukan, sehingga tidak menimbulkan masalah di lapangan,” tegasnya.

Andi Harun, Wali Kota Samarinda, menekankan pentingnya program tersebut dalam menjamin ketersediaan gas bersubsidi di pasaran.

“Sesuai dengan Perpres nomor 104 tahun 2007, LPG 3 kg jauh lebih ekonomis dibandingkan jenis gas lainnya. Kami perlu memastikan distribusi tepat sasaran,” ungkapnya.

Andi Harun mengingatkan, gas elpiji 3 kg diperuntukkan bagi rumah tangga dan usaha mikro dengan penghasilan tidak lebih dari 1,5 juta per bulan.

Tujuan penerbitan kartu tersebut adalah untuk mengoptimalisasi pendistribusian dan meminimalisir ketidakseimbangan harga gas elpiji 3 kg di pasaran.

“Kartu ini akan disesuaikan dengan zonasi agen dan pangkalan gas,” pungkasnya. (*)