Jarak Area Parkir ke Teras Samarinda Berjauhan, Andi Harun Minta Warga Budayakan Berjalan Kaki

Bagikan :

Mahakata.com – Pemkot Samarinda menjadikan kawasan SPBU Teluk Lerong sebagai kantong parkir kendaraan pengunjung Teras Samarinda.

Andi Harun, Wali Kota Samarinda, menargetkan lokasi Teras Samarinda akan mulai dibuka untuk umum pada Senin (9/8/2024) pekan depan.

Lantaran lokasi parkir dan Teras Samarinda sekitar 100 hingga 200 meter, Andi Harun mendorong warga untuk membudayakan berjalan kaki.

“Kita coba budayakan jalan kaki, seperti di luar negeri atau daerah lain seperti Jogjakarta dan Bandung yang sudah terbiasa berjalan jauh,” kata Andi Harun.

Andi Harun menyatakan parkir yang jauh bisa mengurangi kemacetan, dan menekankan masyarakat untuk berjalan kaki yang memiliki manfaat kesehatan.

“Mudah-mudahan budaya berjalan kaki dari tempat parkir tidak dianggap memberatkan dan bisa diterima oleh warga dan pengunjung,” lanjutnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda juga telah menyiapkan berbagai tim untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, termasuk dari DLH, Satpol PP, Dishub, dan Badan Penanggulangan Bencana.

Andi Harun menegaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keamanan jika Teras Samarinda telah resmi dibuka.

“Kita juga ingin partisipasi masyarakat, seperti menjaga taman dan membuang sampah di tempat yang telah ditentukan,” tegasnya. (*)