Bawaslu Kaltim Turut Lakukan Pemantauan Proses Periksaan Kesehatan Bacalon Peserta Pilkada

Bagikan :

Mahakata.com – KPU Kaltim merampungkan proses tahapan pemeriksaan kesehatan seluruh bakal calon (bacalon) peserta Pilkada 2024.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim, turut melakukan pengawasan proses pemeriksaan kesehatan tersebut.

Danny Bunga, Anggota Bawaslu Kaltim, mengungkap duaa Bacalon Gubernur dan Wakil Wakil Gubernur Kaltim, menjalani pemeriksaan kesehatan di antaranya Isran Noor-Hadi Mulyadi dan pasangan Rudy Masud-Seno Aji.

“Proses pemeriksaan kesehatan telah dimulai sejak 29 Agustus 2024, yang melibatkan bakal pasangan calon Isran Noor dan Hadi Mulyadi, serta Rudy Masud dan Seno Aji,” kata Danny Bunga.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Tim Dokter RSUD AWS Samarinda yang meliputi tiga aspek utama: pemeriksaan fisik, pemeriksaan kejiwaan, dan tes bebas narkotika.

“Proses pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon memiliki kondisi kesehatan yang layak serta tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Danny memastikan, seluruh tahapan pemeriksaan berjalan sesuai dengan ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan tanpa intervensi dari pihak manapun.

“Kami berkomitmen untuk menjaga transparansi dan kepatuhan terhadap aturan dalam setiap tahap pemeriksaan ini,” tegasnya.

Sementara itu, Fahmi Idris, Ketua KPU Kaltim, mengatakan pemeriksaan kesehatan jadi salah satu tahapan penting dalam proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

“Setelah pemeriksaan kesehatan selesai, tahap berikutnya adalah verifikasi yang dijadwalkan dari tanggal 29 Agustus hingga 4 September 2024,” tegasnya. (*)