KPU Kaltim Rampungkan Proses Pemeriksaan Kesehatan Seluruh Bacalon di RSUD AWS Samarinda

Bagikan :

Mahakata.com – KPU Kaltim merampungkan proses tahapan pemeriksaan kesehatan seluruh bakal calon (bacalon) peserta Pilkada 2024.

Total ada dua Bacalon Gubernur dan Wakil Wakil Gubernur Kaltim, yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD AWS Samarinda.

Pasangan pertama yang menjalani pemeriksaan kesehatan yakni Isran Noor-Hadi Mulyadi, pada Kamis (29/8/2024) lalu.

“Proses pemeriksaan kesehatan bacalon dijadwalkan mulai dilakukan hingga 2 September 2024,” kata Fahmi Idris, Ketua KPU Kaltim.

Sementara itu, pasangan Rudy Masud dan Seno Aji menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD AWS pada Sabtu (31/8/2024) kemarin.

“Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk memastikan bakal pasangan calon berada dalam kondisi fisik dan mental yang memenuhi syarat untuk memimpin,” jelasnya.

Prosedur pemeriksaan mencakup tiga komponen utama: pemeriksaan fisik, pemeriksaan kejiwaan, dan tes bebas narkotika.

Pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan bakal pasangan calon memiliki kesehatan optimal dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan, sedangkan evaluasi kejiwaan bertujuan menilai kestabilan mental dan kesiapan psikologis, dan tes bebas narkotika penting untuk memastikan tidak adanya keterlibatan calon dalam penyalahgunaan narkoba.

“Pagi ini kami menjalani pemeriksaan narkotika dan semuanya berjalan dengan lancar,” kata Rudy Masud.

“Fasilitas di RSUD AWS sangat lengkap dan memuaskan, menunjukkan bahwa Kalimantan Timur memiliki rumah sakit yang sangat dapat diandalkan,” lanjutnya.

Pemeriksaan kesehatan berada di bawah pengawasan KPU Kaltim, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim, serta Badan Narkotika Nasional (BNN) Kaltim.

“Seluruh prosedur yang diterapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan kami mengikuti setiap tahapan dengan baik,” tegasnya. (*)