Otorita IKN Ajak ASN dan Generasi Muda Untuk Bekerja dan Tinggal di Ibu Kota Nusantara

Bagikan :

Mahakata.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menggelar ASN Talent Fest 2024 dan Anugerah ASN 2023 yang diselenggarakan pada 27 Agustus 2024 di Jakarta.

Kegiatan ini memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja kepada 33 orang aparatur sipil negara atau ASN teladan.

Abdullah Azwar Anas, Menpan RB, mendorong terbentuknya talent pool di instansi pemerintah, khususnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

“Penghargaan ini menjadi cara dari pemerintah untuk mendorong ASN agar bekerja, berkinerja, dan berdampak,” kata Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu, Basuki Hadimuljono, Plt Kepala Otorita IKN mengajak untuk ASN maupun generasi muda untuk tinggal dan bekerja di IKN agar terciptanya ASN yang kompetitif dan profesional untuk memberikan pelayanan publik yang berdampak.

Dirinya menyebut IKN menjadi kota yang sangat ramah untuk ditinggali di masa depan ditambah dengan kualitas udara yang jauh lebih sehat dan baik.

“IKN akan menjadi episentrum pembangunan Indonesia. Dalam pembangunan IKN pemerintah memegang tiga prinsip yakni kualitas, estetika, dan keberlanjutan lingkungan,” ungkap Basuki.

“IKN dibangun untuk kalian generasi milenial dan gen Z, bukan untuk saya,” lenjutnya.

Rencana pemindahan ASN ke IKN dimulai September 2024.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Anas menyebut pemindahan ASN ke IKN bakal dilakukan bertahap sesuai penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian. (*)