Pendaftaran Bapaslon Pilgub Kaltim 2024 Resmi Dibuka, KPU Gelar Simulasi Proses Pendaftaran

Bagikan :

Mahakata.com – KPU Kaltim resmi memulai proses pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, mulai 27 Agustus hingga 29 Agustus 2024.

Fahmi Idris, Ketua KPU Kaltim, mengatakan pada hari pertama proses pendaftaran, belum ada bapaslon yang melakukan proses pendaftaran.

Untuk itu, pihaknya melaksanakan proses sumulasi dan gladi bersih sebagai upaya persiapan proses pendaftaran peserta Pilgub Kaltim 2024.

“Kita lakukan gladi bersih atau simulasi agar pada saat bakal calon mendaftar kita sudah siap 100 persen,” kata Fahmi Idris.

Fahmi menjelaskan, meski pendaftaran resmi dimulai hari ini, calon yang telah mengkonfirmasi pendaftarannya adalah pasangan calon Isran Hadi yang dijadwalkan mendaftar pada 28 Agustus 2024, pukul 10.00 WITA.

Partai pengusul Isran Hadi, menurut data dari aplikasi SILON, adalah PDI Perjuangan, Partai Demokrat, dan Partai Gelora.

“Untuk pasangan lain, kami belum mendapatkan konfirmasi kapan mereka mau mendaftar,” jelasnya.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh partai politik terkait pendaftaran ini. Sekitar 180 orang, termasuk pasangan calon, LO (Liaison Officer), dan pimpinan partai politik pengusung, akan diundang.

“30 orang di dalam aula terdiri dari pasangan calon, LO, dan pimpinan partai politik pengusung, selebihnya 150 orang di luar aula,” paparnya.

Dalam hal keamanan, KPU Kaltim telah bersurat kepada Polda untuk pengamanan selama proses pendaftaran.

“Harapan kami untuk besok, tahapan pendaftaran bisa berjalan dengan lancar sehingga kita bisa melaksanakan tahapan berikutnya seperti pemeriksaan kesehatan dan verifikasi dokumen,” tegasnya. (*)