Pemprov Kaltim Siapkan Prosesi Kepulangan Bendera Pusaka Merah Putih dari IKN ke Jakarta

Bagikan :

Mahakata.com – Prosesi peringatan HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) berjalan dengan khidmat.

Demikian pula upacara penurunan bendera berlangsung lancar tanpa terik dan hujan. Semua prosesi berlangsung lancar dan sukses.

Saat ini, Pemprov Kaltim bersiap melaksanakan prosesi kepulangan Bendera Pusaka Merah Putih kembali ke Jakarta.

Sri Wahyuni, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, mendorong agar prosesi pengantaran Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi akan kembali berlangsung lancar.

“Kita harapkan pelajar dan masyarakat kembali antusias menyaksikan pengantaran Bendera Pusaka Merah Putih dari IKN ke Jakarta lewat Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan,” kata Sri Wahyuni

Kirab Pengantaran Bendera Pusaka Merah Putih akan dilaksanakan pada Sabtu 31 Agustus 2024 dari Istana Negara di IKN.

Selanjutnya, konvoi tim pembawa Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi akan dibawa menggunakan Maung (kendaraan khusus) dan akan dikawal hingga Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk dibawa kembali ke Jakarta.

“Bendera Pusaka Merah Putih akan dibawa oleh pelajar Kaltim yang juga didaulat menjadi pembawa baki saat HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, Livenia Evelyn Kurniawan,” jelasnya.

Dari IKN, rangkaian konvoi akan melintasi Simpang Riko, Jembatan Pulau Balang, Tol Segmen 3B IKN, Tol Manggar hingga Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan terbang kembali ke Jakarta.

“Tentu kita sangat berharap prosesi pengantaran bisa meriah seperti saat kedatangan sebelum pengibaran pada 17 Agustus di Istana Negara, IKN lalu,” tegasnya. (*)