Pemprov Kaltim Tindak Lanjuti Perusahaan J Hayashida Inc Lakukan Ekspor Kayu Ulin Dari Kaltim ke Jepang

Bagikan :

Mahakata.com – Pemprov Kaltim menindaklanjuti rencana perusahaan J Hayashida Inc untuk membeli produk jadi kayu ulin asal Bumi Mulawarman.

Minat perusahaan asal Jepang tersebut disampaikan manajemen perusahaan yang dipimpin President CEO J Hayashida Inc, Motohiro Hayashida dan Director J Hayashida Inc, Takehiro Hayashida.

“Mereka sudah puluhan tahun bergerak di bidang perkayuan. Kurang lebih dua tahun terakhir ini sudah melakukan kerja sama dengan Universitas Mulawarman dengan menghubungkan Kyoto University dalam program pertukaran mahasiswa,” kata Sri Wahyuni.

Menurutnya, Hayashida tahun depan tepatnya Februari 2025 akan melakukan kerja sama pertukaran mahasiswa Unmul dengan Kyoto University.

“Tentu Pemprov Kaltim mengapresiasi kerja sama yang dibangun Hayashida ini. Bahkan, Hayashida berminat membeli produk kayu ulin asal Kaltim melalui pengusaha perkayuan di daerah,” jelasnya.

Bukan hanya itu, perusahaan ini dalam dua tahun ini terlibat mendukung penanaman bibit ulin di Benua Etam.

“Ada kurang lebih 10.000 bibit ulin setiap tahun Hayashida tanam di Kaltim,” lanjutnya.

Pemerintah daerah mengapresiasi sikap dan upaya Hayashida, karena Kaltim juga sedang melakukan program menjaga lingkungan.

Menurut Sekda, menjaga lingkungan berarti harus juga menjaga tutupan lahan dan menciptakan keseimbangan sekaligus pengurangan emisi karbon.

“Semakin banyak restorasi tentu mendukung upaya kita untuk menjaga keseimbangan lingkungan di Kaltim,” paparnya.

President CEO J Hayashida INC Motohiro Hayashida menjelaskan, kurang lebih dua tahun ini sudah membangun kerja sama, seperti perguruan tinggi Universitas Mulawarman.

“Kami sangat berminat membeli ulin yang sudah dipotong dan menyesuaikan ukuran yang dibutuhkan,” ungkapnya. (*)