Momen Bersejarah Bagi Kaltim, Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di Bumi Mulawarman

Bagikan :

Mahakata.com – Kirab duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tiba di Kaltim, dalam rangka persiapan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Agenda kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dimulai dari rute Monumen Nasional (Monas) melewati rute ikonik Patung Kuda, Jalan Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, hingga Semanggi, dan akhirnya tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma untuk diterbangkan ke Kaltim sebagai lokasi lbu Kota Nusantara.

Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dibawa pesawat Boeing milik TNI Angkatan Udara dari Jakarta dan mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan.

Selanjutnya, duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi dibawa menuju Istana Negara Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), yang disambut kearifan lokal melibatkan anak-anak sekolah di sepanjang rute dari Bandara SAMS menuju Gerbang Tol Manggar hingga ke IKN di Sepaku Penajam Paser Utara.

Pj Gubernur Akmal Malik mengungkapkan prosesi penyambutan duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi ini merupakan rangkaian awal dari peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN.

“Prosesi dan kirab duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi sudah dipersiapkan dengan baik. Saya bersama Kapolda dan Pangdam akan mengiringi rangkaian kirab selama sekitar 1,5 jam hingga sampai ke IKN,” kata Akmal Malik.

Dirinya menyebut kedatangan duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi di Benua Etam dijadikan sebuah momentum untuk menunjukkan kesiapan dukungan Kalimantan Timur terhadap Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN.

“Tentunya kedatangan duplikat bendera pusaka bersama teks proklamasi ini menjadi sejarah bagi Kalimantan Timur. Ini menunjukkan bagaimana perhatian negara terhadap Kaltim sebagai lbu Kota Nusantara kali ini kita mulai,” tegasnya. (*)