Sambut Kehadiran Seluruh Kepala Daerah di IKN, Pemprov Kaltim Siapkan 13 Armada Bus

Bagikan :

Mahakata.com – Sri Wahyuni, Sekeretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, melakukan peninjauan lapangan ke Stadion Batakan dan Asrama Haji Batakan.

Tinjauan ini dalam rangka memastikan kelancaran persiapan rakor kepala daerah di Indonesia bersama Presiden Joko Widodo di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar rapat koordinasi bersama
para kepala daerah se-Indonesia pada 13 Agustus 2024.

“Menghindari kemungkinan terjadinya kemacetan saat hari pelaksanaan, maka 514 kepala daerah (bupati dan wali kota) akan diberangkatkan ke IKN menggunakan 13 armada bus,” kata Sri Wahyuni.

“Mereka akan berangkat dari Stadion Batakan Balikpapan secara bersama-sama sekitar pukul 06.00 Wita,” lanjutnya.

13 bus yang akan membawa para kepala daerah ke IKN disiapkan di area Stadion Batakan.

Sedangkan kendaraan pengantar bersama para pendamping dan ajudan akan menunggu di Asrama Haji Batakan.

“Jam 6 start menuju IKN. Belum ada konfirmasi untuk peserta yang terlambat. Jadi, kalau ada peserta yang terlambat, kemungkinan besar akan ditinggal,” jelasnya.

Di lokasi antar jemput bus (shuttle bus) Stadion Batakan akan disiapkan beberapa toilet portabel dan tenda tegas.

Di 13 bus yang akan membawa para kepala daerah juga akan disiapkan produk-produk UMKM Kaltim. Produk UMKM juga akan dijajakan di sekitar area Asrama Haji Batakan.

Parkir kendaraan pengantar disiapkan di Asrama Haji Batakan karena memiliki daya tampung yang besar hingga 500 unit kendaraan roda empat.

“Kami siapkan di sini karena parkir yang luas, toilet lengkap dan tersedia tempat beristirahat bagi para pengantar (ajudan/pendamping). Tempat salat juga tersedia sangat baik di sini,” paparnya.

Untuk pelaksanaan di hari pelaksanaan, Pemkot Balikpapan akan menerapkan sekolah online (belajar mandiri) guna menghindari kemacetan di sekitar Stadion Batakan dan Asrama Haji Batakan.

“Pengaturan lalu lintas, selanjutnya juga akan dikoordinasikan bersama Polda Kaltim dan Dinas Perhubungan Balikpapan,” tegasnya. (*)