Pemprov dan DPRD Kaltim Sepakati KUPA PPAS 2024 Sebesar Rp22,19 Triliun

Bagikan :

Mahakata.com – Pemprov dan DPRD Kaltim melakukan kesepakatan bersama rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD Prioritas, dan Plafon Anggaran Sementara (KUPA PPAS) 2024.

Dalam kesepakatan bersama itu, rancangan KUPA PPAS disepakati sebesar Rp22,19 triliun.

Jumlah tersebut meningkat sebesar Rp1,52 triliun, dari APBD Murni 2024 sebesar Rp20,67 triliun.

Sri Wahyuni, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, mengapresiasi kinerja Banggar DPRD dan TAPD Kaltim atas sinergi merampungkan rancangan KUPA PPAS 2024 sesuai waktu yang ditargetkan.

“Penyusunan KPUA PPAS 2024 ini hasil optimal yang bisa dicapai untuk dituangkan dalam Perubahan APBD 2024, yang menjadi langkah memenuhi kewajiban daerah dalam pemerataan pendidikan, peningkatan kesehatan dan pemulihan pertumbuhan ekonomi, fasilitas sosial dan fasilitas umum lainnya, sebagaimana tertuang dalam program prioritas pembangunan daerah,” jelas Sri Wahyuni.

Dirinya menjelaskan kebijakan belanja daerah Perubahan APBD 2024 ini untuk menjaga perekonomian Kaltim agar tumbuh positif dan menjaga stabilitas ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Diarahkan pada peningkatan produktivitas belanja pendidikan, kesehatan, pertanian dan pembangunan infrastruktur yang mendukung konektivitas antar daerah.

“Peningkatan ruang fiskal dengan efisiensi dan penajaman pada belanja operasional, kualitas dan efektivitas program perlindungan sosial terutama akses pendidikan dan kebutuhan layanan kesehatan khususnya bagi masyarakat miskin,” tegasnya.

“Peningkatan kualitas pelayanan publik, penguatan perekonomian di berbagai sektor, dan pemulihan kembali daya beli masyarakat sesuai kebutuhan dan rencana pembangunan daerah,” pungkasnya. (*)