Tahapan Coklit Rampung, KPU Samarinda Segera Sinkronisasi Data di 10 Kecamatan Guna Cegah Pemilih Ganda

Bagikan :

Mahakata.com – KPU Samarinda telah merampungkan tahapan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Pilkada 2024.

Akbar Sucipto, Komioner KPU Samarinda Bidang Perencanaan, Data, dan Informasi, mengatakan dalam pemetaan awal, pihaknya mendata ada 1.194 TPS yang akan digunakan di Pilkada 2024.

Nantinya setiap TPS terdapat 400 pemilih, dan akan ditempatkan dua petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), sehingga total terdapat 2.945 Pantarlih di setiap TPS.

“Metodenya seperti sensus. Ppantarlih harus datangin satu per satu mencocokkan daftar pemilih yang mereka pegang, nah itu akan mereka datangi per rumah untuk mencocokkan benarkah keluarga di sana. Dilihat berdasarkan KTP ataupun kartu keluarga,” kata Akbar Sucipto.

Informasi yang didapatkan dari Pantarlih di daerah Palaran dan Bukuan menunjukan perlunya penambahan TPS

“Tapi itu nanti akan jadi pembicaraan kami di tingkat kabupaten/kota apakah memang untuk ditambah TPS atau tidak,” jelasnya.

Selanjutnya KPU Samarinda bersama PPK dari 10 Kecamatan serta PPS Divisi Data akan melakukan sinkronisasi data untuk menghapus pemilih ganda, mulai tanggal 24 – 26 Juli 2024.

“Jika ditemukan pemilih ganda itu kita akan hapus. Mereka harus memilih di mana kami akan menentukan apakah di tempat mereka dikeluarkannya administrasi kependudukan berupa KTP atau di tempat domisili yang baru,” tegasnya. (*)