Polresta Samarinda Gelar Operasi Patuh Mahakam, Digelar Dua Pekan Hingga 28 Juli 2024

Bagikan :

Mahakata.com – Polresta Samarinda melalui Satuan Lalu Lintas Polresta Samarinda, menggelar Operasi Patuh Mahakam selama dua pekan kedepan.

Operasi Patuh Mahakam akan digelar mulai 15 hingga 28 Juli 2024.

Kompol Creato Sonitehe Gulo, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Samarinda, mengatakan ada sembilan jenis pelanggaran yang menjadi target operasi ini.

Beberapa di antaranya; berkendara sambil menggunakan handphone, pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan safety belt dan helm SNI, berkendara di bawah pengaruh alkohol, melawan arus, kendaraan melampaui batas kecepatan, kendaraan over dimensi dan overload (ODOL), dan pelanggaran hak utama kendaraan tertentu (prioritas).

“Operasi Patuh Mahakam bertujuan untuk menertibkan masyarakat yang nakal lalu lintas, serta menekan angka terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” kata Kompol Creato Sonitehe Gulo.

“Kami meminta masyarakat berkendara dengan baik dan mempersiapkan kelengkapan surat-surat kendaraannya,” lanjutnya.

Sementara itu, AKBP Eko Budiarto, Wakapolresta Samarinda, menekankan pentingnya pendekatan humanis oleh personil yang bertugas. Serta bukan hanya masyarakat yang harus tertib berlalu lintas, namun juga para petugas harus memberikan contoh.

“Lakukan edukasi dan sosialisasi. Harus berpegang teguh dengan keamanan, profesional, humanis sehingga tidak menimbulkan komplain dari masyarakat. Kami juga berharap dengan adanya Operasi Patuh Mahakam ini kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas semakin meningkat,” tegasnya.

Ada 150 personil yang diturunkan dalam Operasi Patuh Mahakam 2024 yang tersebar pada titik-titik strategis Kota Tepian. (*)