Kaltim Bersiap Sukseskan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Akmal Malik Ingatkan Soal Pengamanan Mobilitas Massa

Bagikan :

Mahakata.com – Pemprov Kaltim turut bersiap melakukan persiapan pelaksanaan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

BALIKPAPAN- Momentum Upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI Nasional yang akan dipusatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Benua Etam Kaltim diyakini menjadi sejarah nasional dan daerah.

Meski pelaksanaan Upacara 17 Agustus di IKN, merupakan tanggung jawab pemerintah pusat. Tapi, karena pelaksanaan di IKN dan lokasi itu di Kaltim. Maka, pemprov maupun kabupaten/kota serta TNI/Polri di Kaltim bertanggungjawab pelaksanaan tersebut.

Karena itu kesiapan pelaksanaan itu hingga saat ini terus dilakukan semua pihak tak terkecuali Pemprov Kaltim, pemerintah kabupaten/kota, TNI dan Polri di Kaltim.

“Intinya kita ingin persiapan pelaksanaan ini diharapkan dapat dilakukan sesempurna mungkin. Yang terpenting dalam pelaksanaan ini adalah bagaimana pengamanan mobilitas massa hingga ketersediaan logistik di sana. Kemudian jangan sampai ada kemacetan pada hari pelaksanaan upacara,” kata Akmal Malik, Pj Gubernur Kaltim.

“Pergerakan yang paling crowded nanti adalah pada saat 17 Agustus. Sebab, ada dua kegiatan, yaitu upacara kenaikan dan penurunan. Jangan sampai kondisi ini menyebabkan kemacetan,” sambungnya.

Sementara itu, Irjen Pol Nanang Avianto, Kapolda Kaltim, menjelaskan untuk pengamanan secara keseluruhan di Kaltim panitia di daerah siap mendukung komando Kodam VI Mulawarman.

“Kondisi ini tentu akan menjadi antusias masyarakat untuk menyukseskan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Bayu Permana menjelaskan, persiapan sejak saat ini sudah dilakukan.

Secara khusus, sejak awal Agustus persiapan pengamanan sudah dilakukan hingga prosesi pengantaran duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi sudah siap.

“Kondisi ini tentu akan disambut antusias masyarakat. Karena itu, pengamanan tetap menjadi perhatian bersama-sama. Artinya, semua terlibat dalam pelaksanaan. Termasuk, dalam hari pelaksanaan upacara,” pungkasnya. (*)