Otorita IKN Gandeng BKKBN, Susun Tata Kelola Pembangunan Kependudukan di Kota Nusantara

Bagikan :

Mahakata.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) guna mendesain tata kelola pembangunan kependudukan di IKN.

Dalam kerjasama itu, Otorita IKN berupaya membangun koordinasi dan sinergi yang erat dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta masyarakat untuk menemukan solusi permasalahan kependudukan.

Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin, menyampaikan kebijakan yang dirumuskan oleh Otorita IKN harus jauh lebih efektif dan efisien guna memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Di IKN ini semuanya harus disusun dan dibuat tata kelolanya yang berbeda dengan yang biasanya. Tata kelola kependudukan di IKN kita harapkan lebih cekatan di dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” kata Alimuddin.

Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk BKKBN, Munawar Asikin menjelaskan terdapat lima pilar yang dapat menjadi alat bantu dalam memantau dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan di bidang kependudukan yaitu pengendalian kuantitas penduduk; peningkatan kualitas penduduk; pembangunan keluarga; persebaran, dan mobilitas penduduk; serta administrasi kependudukan.

“Penyusunan GDPK dalam membangun IKN tidak dapat dilakukan sendiri,
dukungan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota sangat dibutuhkan dalam sinergitas merancang perencanaan pengendalian penduduk,” ungkap Munawar.

Hasil diskusi ini diharapkan dapat segera diimplementasikan dalam kebijakan dan program konkret untuk pembangunan IKN.

“IKN adalah masa depan kita semua, bisa menjadi percontohan bagi kota-kota lain yang sedang membangun atau yang sedang berkembang,” tegasnya. (*)