Dinkes Kaltim Sulap Gedung Bekas RS Mata Jadi Fasilitas Laboratorium Medis

Bagikan :

Mahakata.com – Rumah Sakit (RS) Mata Kaltim resmi pindah ke gedung baru di Jalan M. Yamin Samarinda.

Selanjutnya, gedung lama RS Mata di Jalan Basuki Rahmat akan dimanfaatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim menjadi fasilitas UPTD Laboratorium Kesehatan (Labkes) Kaltim Unit Laboratorium Medis.

Hal itu seperti yang disampaikan dr Jaya Mualimin, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim.

“Menambah gedung, tapi bukan pindah. Gedung lama tetap dipakai, tapi yang di Basuki Jalan Rahmat juga dipakai,” kata dr Jaya.

dr Jaya memaparkan gedung Labkes Kaltim yang saat ini terhitung sempit dan tidak mampu menampung segala fasilitas. Untuk itu perlu dilakukan penambahan gedung dengan memanfaatkan eks RS Mata di Jalan Basuki Rahmat, Samarinda.

Dinkes Kaltim akan menyelenggarakan Program Pemanfaatan Mutu Eksternal Regional (PME-R) 2024, yang direncanakan akan terselenggara sekitar Januari hingga Oktober 2024.

“Gedung itu akan difokuskan untuk apa, di Ahmad Dahlan untuk apa. Jadi dua-duanya jadi laboratorium, agar pelayanannya bisa lebih bagus,” jelasnya.

Ditanyai perihal pembangunan gedung untuk Labkes Kaltim di eks RS Mata Kaltim Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Jaya mengatakan pembangunan tersebut tidaklah rumit. Karena hanya membutuhkan pengajuan Surat Keputusan (SK).

“Sehingga tahun ini sudah bisa digunakan, karena sedikit saja rehabnya,” tegasnya. (*)