Kementerian PUPR Laporkan Progres Pembangunan Infrastruktur Dasar di IKN Capai 81 Persen

Bagikan :

Mahakata.com – Kementerian PUPR RI melaporkan hingga saat ini progres pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai 81 persen.

Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR RI, mengatakan beberapa proyek ditargetkan siap beroperasi secara bertahap mulai Juni hingga awal Agustus 2024.

“Sudah siap semuanya secara bertahap untuk menyambut perayaan Upacara 17 Agustus 2024,” kata Menteri Basuki Hadimuljono.

Sejumlah proyek lain yang ditargetkan sudah siap beroperasi sebelum 17 Agustus antara lain adalah Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku, jaringan pipa transmisi dan distribusi, serta reservoir air KIPP IKN yang berkapasitas 2 x 6000 liter.

Selain itu multi-utility tunnel (MUT) sepanjang 26 km, serta Bendungan Sepaku Semoi yang diproyeksikan terisi penuh (16 juta m³) pada akhir Mei 2024, di mana tinggal 0.5 meter lagi sampai pada tinggi puncak spillway (limpas).

Lebih lanjut Menteri Basuki mengatakan pembangunan lapangan upacara (plaza ceremony) saat ini progresnya sudah mencapai 90 persen dengan kondisi rumput yang tumbuh subur dan rapi.

“Pembangunan Istana Presiden telah mendekati 70 persen, sementara gedung Kantor Presiden 83 persen dan saat ini sedang memasuki pemasangan bilah akhir, pekerjaan MEP dan interior,” jelasnya.

“Target kedua bangunan tersebut akan rampung pada Juli 2024 mendatang. Selain itu, pembangunan rumah rumah susun untuk para PNS yang akan pindah ke IKN ditargetkan akan rampung sebanyak 10 tower juga pada Juli 2024,” tegasnya. (*)

Leave a Reply