Bagikan :
Print Friendly, PDF & Email

Mahakata.com – Pabrik semen milik PT Kobexindo Cement, terus dikebut pengerjaannya.

PT Kobexindo Cement ditarget menjadi pabrik semen terbesar di dunia, berlokasi di Desa Selangkau, Kaliorang, Kutai Timur.

Pabrik semen ini mulai dibangun pada 2020 lalu, dan ditarget rampung pada akhir 2023 me datang.

Puguh Harjanto, Kepala DPMPTSP Kaltim, belum lama ini meninjau proses pembangunan pabrik semen tersebut.

“Pembangunan pabrik semen di Kutim sudah 73 persen, ditargetkan pembangunan pabrik selesai akhir 2023. Diharapkan setelah selesai pembangunan segera beroperasi,” kata Puguh.

Nilai investasi pembangunan pabrik semen PT Kobexindo Cement sebesar Rp15 triliun, kapasitas produksi 10 ribu ton per hari, 8 juta ton per tahun.

PT Kobexindo Cement didirikan bersama oleh kelompok Hongshi dan PT Kobexindo, berinvestasi dalam dua jalur produksi semen clinker dengan kapasitas 10.000 ton per hari.

Masing-masing jalur menggunakan teknologi pure low-temperature and waste heat power generation untuk program ramah lingkungan.

Konstruksi dirancang oleh PT Nan Jing Kisen International Engineering dan dikerjakan dalam dua fase.

Yakni skala fase pertama dengan pembangunan 1 area produksi semen clinker dengan kapasitas 10.000 ton per hari dengan memperhatikan lingkungan.

Dengan total investasi proyek yang besar, hasil tahunan diharapkan akan mencapai 8 juta ton semen bermutu tinggi setelah proyek selesai.

“Berdirinya pabrik semen ini diharapkan dapat mendorong pembangunan ekonomi lokal seperti penyerapan tenaga kokal, peningkatan kesejahteraan masyatakat lokal, mendorong perkembangan ¬†industri terkait dan manfaat sosial lainnya,” tegasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: